Senin, 24 Oktober 2011

KULIAH ONLINE SIM

KESIMPULAN  CBIS
Berdasarkan Penjelasan Teori diatas bahawa dapat disimpulkan konsep teori CBIS merupakan Sistem Berbasis Komputer yang melingkupi beberapa jenis system didalam pengolahan data dan informasi, yaitu SIA, SIM, DSS, OA dan ES. Didalam system kerjanya/ pengolahan, CBIS harus mendapatkan data/informasi, lalu mengumpulkan data tersebut, setelah itu diolah dan sampai kepada pendistribusian untuk sipenerima/pemakai dan menyimpan informasi tersebut. Adapun kegunaan CBIS terebut adalah untuk memeneg  dan menggunakan informasi sebagai pengambilan keputusan, pemecahan masalah terstruktur, dan kecangggihan system sehingga dapat meniru kecerdasan manusia.

Seperti yang sudah disebutkan diatas CBIS memiliki area aplikasi yang mendukung dalam kegiatan didalam perusahaan/organisasi, berikut adalah penjelasan dari aplikasi tersebut :

1.      SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

SIA melakukan aplikasi pengolahan data dengan tugas mengumpulkan, memproses, penyimpanan data dan penyiapan dokumen. Disamping itu SIA juga bertanggung jawab atas penyediaan informasi yang berkualitas untuk didistribusikan kepada setiap elemen lingkungan kecuali pesaing.


2.      SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SIM merupakan sistem yang berperan aktif dalam menyediakan informasi bagi semua pegawai terutama manajer, sehingga SIM mencerminkan sikap para eksekutif yang menginginkan agar computer menyediakan output yang berguna untuk pemecahan masalah.

3.       SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (DSS)

DSS adalah salah satu CBIS yang menyediakan informasi pemecah masalah terstruktur  dan masalah spesifik.  Adapun Informasi dihasilkan adalah dalam bentuk laporan periodik dan khusus

4.      SISTEM OTOMATISASI KANTOR (OA)

Sejak Permulahan pengolahan Kata (Word Processing), teknologi2 lain telah diterapkan untuk pekerjaan kantor semuanya dikenal sebagai Otomatisasi Kantor. OA mencakup semua sistem elektronik yang berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang2 didalam dan diluar perusahaan. (telekonfren, Surat Elektronik, Pengolah kata)

5.      SISTEM PAKAR (Expert System)

Sistem Pakar Salah satu CBIS suatu sistem kecerdasan buatan memiliki potensi untuk kemampuan pemecahan masalah manajer melebihi kemampuan normalnya.
Sistem ini merupakan Artifical Intellegience (Kecerdasan Buatan) yaitu kegiatan menyediakan mesin seperti komputer dng kemampuan untuk menampilkan prilaku yang dianggap cerdas jika diamati pada manusia
AI menggambarkan aplikasi komputer tercanggih saat ini.


Model CBIS

Sistem Informasi  Manajemen àà  Informasi àà Keputusan 
    -    Perencanaa
    -
       Pemecahan Masalah
    -
       Kebijakan


 

TUGAS
1   1. CBIS adalah sebuah system berbasis computer yang mencakup semua system informasi untuk sebuah perusahaan/organisasi. Disamping itu CBIS merupakan system pengolah data yang membuat sdata tersebut menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan dan terkait dengan data, informasi, system, system informasi dan basis komputer sebagai kata kuncinya.
2.      
       2.  Spesialis Informasi pada awal terbentuknya CBIS tidak selalu berperan serta dalam pengembangan, seiring berjalannya waktu semua berubah sehingga Spesialis Informasi memiliki peranan yang penting di dalam CBIS, karena spesialis Informasi merupakan pegawai perusahaan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan dan memelihara system informasi berbasis computer. Pada pengembangannya CBIS mengikuti System Life Cycle yang terdiri dari :
v     Perencanaan
v     Analisis
v     Rancangan
v     Penerapan
v     Penggunaan
Selain itu Didalam CBIS Spesialis Informasi digolongkan menjadi lima yaitu Analisis Sistem, Pengolah Database, Spesialis Jaringan, Programmer, dan Operator. Ke-5 Sistem Informasi yang sudah digolongkan tersebut memiliki keahlian yang berbeda, yang dimana semuanya saling bekerjasama untuk pengembangan CBIS yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar