Senin, 28 Mei 2012

EKONOMI PARIWISATA 5


CLUB MEDITERANIAN, MANFAAT EKONOMI BAGI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG


Apakah manfaat yang ditimbulkan dari Club Med terhadap :
a.       Manfaat Negara maju dan Negara berkembang?
Manfaat yang ditimbulkan terhadap Negara maju ialah sangat membantu perekonomian disuatu Negara menjadi lebih baik, membantu masyarakat setempat dalam meningkatakan kesejahteraan hidup  disamping itu dengan adanya club med di Negara maju dan berkembang memberikan manfaat yang besar  pada penjualan, keuntungan, pendapatan pajak dan penghasilan dalam suatu daerah.  Masayarakat di Negara maju dan berkembang juga dapat merasakan kedekatan yang positif  dengan adanya Club med di Negara mereka karena Club Med sendiri juga mendukung hubungan yang kuat antara desa-desa dan tamu mereka. Sudah pasti Negara maju dan berkembang akan merasa sangat terbantu dengan adanya Club Med karena pemerintah Negara Mexico sendiri membantu sebagian pendanaan pengembangan Club Med berdasarkan perjanjian kedua belah pihak. Club Med sebagai pemimpin dalam pembangunan dan pengembangan Club Med, lebih daripada pihak pemerintah.Club Med juga menetapkan aturan-aturan, metode, standard-standar, produk serta mengendalikan pemasaran dan harga.

b.      Masalah ekonomi Negara dengan perekonomian sedang maju dan berkembang :       
Masalah ekonomi yang ditimbulkan dengan berdirinya Club Med di Negara maju secara ekonomi apabila Club Med sedang mengalami krisis penurunan pelanggan yang besar atau kalah dalam bersaing bagi Negara maju mungkin tidak terlalu besar dampak yang dirasakan karena penerapan  system ekonomi Negara maju yang sudah baik sehingga hanay melemah dan tidak menggoyahkan ekonomi Negara maju seperti Amerika dan Italia.
Sedangkan masalah ekonomi yang ditimbulkan dengan berdirinya Club Med justru sangat membuat perekonomian Negara berkembang menjadi kuat disaat Club Med sedang meraup keuntungan besar dari banyaknya pelanggan yang dating. Tetapi justru ekonomi Negara berkembang akan sangat melemh dan mungkin saja terjadi krisis dikala Club Med sedang krisis akaibat kalah bersaing dan pelanggan menurun.

1 komentar: